Tingkatkan Produktivitas UKM Susu Melalui Alat Buatan Mahasiwa FTP

Resource Exchange International, Inc. Kunjungi FTP UB
Juli 2, 2019
Mahasiswa FTP Menjadi 10 Finalis Terbaik Banyuwangi Agribusiness Start Up Competition 2019
Juli 3, 2019

Tingkatkan Produktivitas UKM Susu Melalui Alat Buatan Mahasiwa FTP

Susu merupakan produk sektor peternakan di Indonesia memegang peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini diperkuat dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) angka produksi susu mencapai 920 ton pada tahun 2017. Melimpahnya produksi susu berperan dalam industri pengolahan susu masyarakat salah satunya adalah susu pasteurisasi dan susu fermentasi di skala usaha kecil menengah (UKM). Susu pasteurisasi merupakan susu yang dipanaskan guna membunuh dan mengurasi bakteri patogen yang terkandung pada susu sedangkan yogurt adalah produk susu fermentasi oleh bakteri asam laktat (BAL).

Sayangnya pada produksi UKM masih menggunakan metode konvensional dengan resiko kontaminasi yang tinggi. Dimulai dari pasteurisasi susu, proses pendinginan susu yang memakan banyak waktu sehingga pada keadaan ini sangat rawan terjadi kontaminasi di susu.

Untuk itu mahasiswa universitas brawijaya Moch Naufal Zuhair A (FTP, 2016), Luki Agus S (FTP, 2016), Miftahus Sa’diyah (FTP, 2017), Dwi Uchtiyawati R (FTP, 2017) dan Dimastyaji Yusron N (FTP, 2017) mempersembahkan ULTRONIC, merupakan teknologi pengolahan susu pasteurisasi dan fermentasi yang berada dalam 1 alat (2 in 1) dengan kontrol fuzzy logic sebagai automatisasi sehingga diharapkan penggunaan ULTRONIC yang mudah dan efesien dapat meningkatkan produksi dari UKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian