Training Motivasi Pegawai 2011

Dekan FTP Persentasi di International DAAD Alumni Workshop Brazil
September 19, 2011
Persiapan Audit Internal Mutu Siklus 9
September 21, 2011

Training Motivasi Pegawai 2011

Kesuksesan dapat dirumuskan sebagai tingkat dimana seseorang bergerak ke depan dan ke atas, terus maju dalam menjalani hidupnya kendati terdapat berbagai rintangan atau bentuk-bentuk kesengsaraan lainnya. Demikian disampaikan oleh Drs H Dwiyono Iriyanto, MM, kepada seluruh karyawan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UB dalam acara Training Motivasi “KEEP SPIRIT & ACHIEVE MORE”, Selasa, 20 September 2011.

Tak kurang dari 75 peserta terlihat antusias mengikuti seluruh rangkaian training motivasi dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan FTP yang disampaikan dengan interaktif oleh managing director HDI Management Centre Jogja ini.

“Tirulah etos kerja kaum muslimin yang tersurat pada surat An nasyroh ayat 7 yang artinya Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Maksudnya, apabila kamu telah selesai  selesai mengerjakan urusan dunia Maka kerjakanlah urusan akhirat, dan ada lagi yang mengatakan: apabila telah selesai mengerjakan shalat berdoalah.” ujar dosen STMIK AMIKOM  ketika menyisipkan pencerahan spiritual disela-sela materi.

Sehingga, ungkap Public Speaker dan Inspirator Metamorphosis ini lebih lanjut, untuk mencapai kesuksesan, karyawan disemua lini diharapkan dapat menjadi manusia type above the line yang mempunyai ciri-ciri antara lain orang yang bertanggungjawab, selalu mencari solusi, berpikir serba mungkin terhadap semua kondisi sehingga senantiasa berpikir positif,  bersikap optimis dan selalu semangat.

“Orang yang berilmu akan dapat merubah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Hal yang tidak bisa menjadi bisa karena daya juang mereka yang tinggi. Karena itu teruslah belajar atau long life education untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi, ” tutur kolumnis di harian Republika ini.

Sebaliknya, imbuhnya kemudian, janganlah menjadi manusia bertipe Below the line yang selalu berpikiran negatif, mencari alasan,  menyalahkan orang lain, melakukan pembenaran terhadap kesalahannya dan mudah menyerah. Sehingga melakukan perubahan pola pikir  dan senantiasa memperbaiki diri adalah hal yang mutlak dilakukan jika seseorang menginginkan kesuksesan.

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah merubah mindset dan diri kita sendiri. Selanjutnya  persepsi positif yang harus kita bangun. Sehingga mempunyai persepsi atau pikiran yang positif baik terhadap semua orang maupun dalam segala kondisi seperti yang telah dicontohkan Nabi Muhammad saw,” terangnya.

Selanjutnya, dipaparkannya, tentang tips untuk meningkatkan rizki yakni dengan menjadi orang yang bersyukur dimana orang tersebut sangat menyadari bahwa ada hak untuk orang lain pada sebagian rizkinya sehingga dia gemar bersedekah. Dan dengan sedekah tersebut rizkinya akan dilipat gandakan, apalagi jika orang tersebut adalah orang yang bertakwa yakni selalu melakukan ketaatan-ketaatan kepada Tuhan.

‘Rizki itu ada beberapa  tingkatan yakni, rizki mahkluk yaitu yang dibagikan kepada semua makhluk. kemudian  rizki orang yang bekerja dimana memperoleh rizki dari usahanya dan rizki orang yang bersyukur yakni rizki yang diberikan kepada orang bersyukur,” imbuhnya.

Saat sesi pembukaan, Pembantu Dekan II FTP UB, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M. App. Sc menjelaskan, kegiatan training motivasi tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kinerja pegawai khususnya karyawan sebagai pelaku penyedia layanan kepada pelanggan.  Training motivasi tersebut  merupakan salah satu program inovatif dalam bidang pembinaan pegawai yang diharapkan dapat membawa dampak positip pada perfomansi kerja karyawan FTP di masa mendatang. (elr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian