UDI, Solusi Pengairan Perkebunan Semangka

Mahasiswa FTP Sulap Beras Jadi Pewarna Bernutrisi
Juni 7, 2016
Sacef, Smart Controlled Fermenter
Juni 8, 2016

UDI, Solusi Pengairan Perkebunan Semangka

Lima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) menciptakan Underground Drip Irrigation (UDI), sebuah alat dengan sistem pengairan perkebunan semangka. Alat ini dibuat dengan metode pemberian air ke tanaman pada bagian perakarannya melalui suatu alat yang disebut emitter baik yang tunggal maupun berbentuk selang berlubang (drip line).

Tim yang terdiri atas Imaniar Nurhikmawati, Nur Kholifatul Fithriyah Ghaby, Dwiki Muhammad Angkasawan, Kusuma Faisal dan Nani Sumarni berpendapat, penggunaan selang plastik pada perkebunan semangka kurang efisien karena kebocoran sering terjadi yang menyebabkan petani harus mengganti saluran air yang rusak. Kerugian yang disebabkan kebocoran pipa dapat menyebabkan kurang optimalnya pertumbuhan buah semangka dan meningkatkan biaya variabel petani semangka.

Dipaparkan Dwiki, salah satu anggota tim, “UDI ini mampu menjadi solusi tepat guna untuk meningkatkan kesejahteraan petani semangka serta mengurangi penggunaan selang irigasi berbahan plastik sekali pakai yang dapat mencemari lingkungan,” terangnya. Undergorund Drip Irrigation (UDI) digunakan dengan menanam saluran air dalam gundukan tanaman semangka. Saluran air yang digunakan menggunakan pipa PVC karena keunggulan dari pipa PVC lebih kuat daripada selang plastik. Pipa PVC dilubangi sesuai dengan akar tanaman dan peletakan pupuk di sekitar tanaman.

Keunggulan UDI “Underground Drip Irrigation” didesain dengan mengambil air dari sumber air yang berasal dari sumur yang telah dibor di dekat perkebunan. Air tersebut disalurkan ke setiap petak tanaman semangka menggunakan saluran air yang telah ditanam dalam gundukan tanaman semangka, sehingga dalam penyaluran air tersebut memanfaatkan gaya gravitasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian