ULTRON, Mesin Sari Belimbing Elektrik

Jam Kerja Selama Bulan Ramadhan 1437 H
Mei 27, 2016
Mahasiswa FTP Sulap Limbah Minyak Ikan jadi Suplemen Makanan
Mei 31, 2016

ULTRON, Mesin Sari Belimbing Elektrik

mesin ultronLima mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) menciptakan alat penghasil sari buah belimbing electric. Mereka adalah M Doddy Darmawan (FTP-Teknik Bioproses 2013), Bima Adinugraha (FTP-Keteknikan Pertanian 2013), Hanifa Kirana Putri Utama (FTP-Teknologi Industri Pertanian 2014), Novita Ainur Rohma (FTP-Teknologi Industri Pertanian 2014)  dan M. Fikry Izza Almirzaqy (FTP-Teknologi Industri Pertanian 2014) dengan dosen pembimbing La Choviya Hawa, STP, MP, Ph.D. Alat yang diciptakan diberi nama ULTRON (Ultimate Electric Extraction Technology).

Pembuatan alat ini dilatar belakangi oleh banyaknya degradasi nutrisi serta umur simpan yang pendek pada produk olahan sari buah belimbing dikarenakan proses pengolahan yang masih konvensional yakni dengan melakukan pemanasan menggunakan kompor sehingga terjadi kehilangan nutrisi yang cukup banyak pada hasil produk sari buah belimbing.

Dengan adanya mesin ULTRON yang berbasis electrical processing menggunakan pulsed electric field maka nutrisi yang ada pada sari buah belimbing akan meningkat karena proses pengolahan yang dilakukan tidak menggunakan panas dan terjadi pemecahan sel-sel dari dari sari buah belimbing akibat dari kejut listrik yang dihasilkan sehingga nutrisi yang masih tersimpan dalam sel-sel sari buah dapat dimaksimalkan.

Mesin ULTRON juga dapat memperpanjang umur simpan dari sari buah belimbing dengan efek kejut listrik yang dihasilkan dapat membunuh mikroba yang ada pada sari buah belimbing sehingga umur simpannya menjadi lebih lama. Selain itu dengan menggunakan ULTRON proses pengolahan sari buah belimbing akan 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan pengolahan komvensional dengan pemanasan menggunakan kompor.

Mesin ini dibuat untuk memecahkan masalah yang ada di UKM Mulyasari Desa Argosuko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penerapan Teknologi (PKM-T) 2016.

Menurut salah satu pembuat Mesin ULTRON tersebut, M. Doddy Darmawan. “Diharapkan dengan adanya mesin ULTRON ini dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas dari sari buah belimbing yang ada di UKM Mulyasari Desa Argosuko dan kedepannya diharapkan mesin ULTRON dapat diterapkan pada UKM lainnya yang ada di Malang maupun Jawa Timur” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian