Visitasi AUN-QA TEP FTP

Universitas Sam Ratulangi Manado Kunjungi FTP UB
Juni 11, 2015
Jam Kerja Selama Bulan Suci Ramadhan 1436 H.
Juni 17, 2015

Visitasi AUN-QA TEP FTP

aun_2Jurusan Keteknikan Pertanian (TEP) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya dikunjungi tim assesor University Network Quality Assurance (AUN QA) selama tiga hari berturut turut (08-10/06/2015).  Rombongan reviewer yang beranggotakan Prof.Dr. Arnulfo A. Azcarraga (De La Salle University – Filipina), Dr. Nakorn Srisukhumbowomchai (King Mongkut’s University – Thailand) dan Korn Ratanagosoom (Senior Programme Officer – Quality Assurance and Qualification Frameworks) diterima Ketua Visitasi AUN QA TEP FTP, Yusuf Hendrawan, STP.M.App.Life. Sc. Ph.D., Dekan FTP, Dr.Ir.Sudarminto Setyo Yuwono,M.App.Sc., Ketua Jurusan TEP FTP, Dr. Ir. J.Bambang Rahadi, MS., Ketua Tim Task Force SAR AUN QA, Ir. Mustofa Lutfi, MP. beserta para anggotanya mulai pukul 09.30 WIB.

Disambut dengan tari tradisional selamat datang di lobby FTP oleh UKM Seni FTP, tim assessor kemudian melihat hasil karya mahasiswa melalui pameran alat dan poster Keteknikan Pertanian. Pada pameran tersebut, Prof.Arnulfo dan Dr. Nakorn tak hanya melihat dan berdialog langsung dengan para mahasiswa tapi juga sempat mencicipi beberapa produk pangan fungsional seperti SENOPATI, susu bergizi dengan inovasi pada alat pasteurisasi dan aneka kripik buah hasil olahan olahan vacuum frying TEP.

Setelah makan siang kegiatan dilanjutkan dengan field trip ke ruang kelas, laboratorium dan seluruh sara prasarana yang terdapat di FTP.  Acara dilanjutkan dengan assess documen dan  tatap muka bersama seluruh civitas TEP mulai dari pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, laboran serta mahasiswa yang dibagi dalam beberapa sesi. Tak hanya itu pada hari selanjutnya tim assesor juga berkesempatan untuk melakukan dialog dengan alumni dan para stake holder dari berbagai bidang.  Hari ketiga atau hari terakhir adalah penutupan yang merupakan pertemuan tertutup tim assessor dengan para pimpinan.

Dipaparkan Yusuf Hendrawan,Ph.D, bahwa kegiatan ini merupakan puncak dari perjalanan panjang TEP untuk meraih akreditasi internasional AUN-QA. “Sejalan dengan misi UB untuk goes internasional, maka akreditasi ini menjadi penting. Ini juga menandakan bahwa sistem penyelenggaraan pendididikan telah sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan AUN-QA. Dan itu merupakan pengakuan bahwa TEP FTP setara baik mutu maupun sistem pendidikannya dengan anggota ASEAN lainnya. Dengan demikian kedepan kami berharap, TEP mampu memperbesar peluang kerjasama dalam berbagai bidang antar institusi dengan  negara negara ASEAN,” pungkasnya.

AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) adalah program yang diinisiasi oleh ASEAN University Network sejak tahun 1998. Universitas Brawijaya sendiri tergabung sebagai anggota AUN QA sejak 2014. AUN QA bertujuan utama menyelaraskan dan mengembangkan sistem jaminan mutu untuk meningkatkan standar pendidikan tinggi di antara negara-negara ASEAN. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian