Visiting Professor dari Brigham Young University : “Microbial Biotechnology in the Face of Industrial Revolution”

Bersama HIMATETA dan ABC, BEM FTP Mengadakan Kegiatan CUTEFORIA di TK Muslimat NU 29 Malang
Agustus 29, 2019
Visiting Professor : Professor dari Hankyong National University, Korea Selatan Memberikan Motivasi Belajar Kepada Mahasiswa FTP UB
Agustus 29, 2019

Visiting Professor dari Brigham Young University : “Microbial Biotechnology in the Face of Industrial Revolution”

Visiting Professor dari Brigham Young University

Rabu (28/8) telah diadakan Kuliah Tamu Visiting Professor dari Brigham Young University Visiting, Amerika Serikat di Aula Gedung F FTP lantai 2.

Pada kesempatan ini, setelah Kuliah Tamu yang pertama, Assoc. Prof. Julianne. H. Grose memberikan kuliah tamu dengan judul “Microbial Biotechnology in the Face of Industrial Revolution” yang berisi tentang modernisasi microbial biotechnology dalam dunia industri saat ini.

Assoc. Prof. Julianne. H. Grose menyampaikan bahwa mikrobiologi memainkan peranan yang sangat penting dalam industri saat ini. Hal ini dapat dimanfaatkan di banyak sektor dan produksi seperti Industri Makanan, Pembuatan Bahan Bakar, Produksi Bahan Kimia, Produksi Obat, Novel Material, Produksi kelistrikan, Biosensor dan Detektor, Pengolahan Limbah Cair dan Bioremidiasi.

Dunia Mikrobiologi mampu menghasilkan banyak produk makanan seperti wine, beer, roti, keju, cuka, dan masih banyak lagi. Dr. Julianne mengatakan bahwa Louis Pasteur, sebagai orang pertama yang menemukan prinsip fermentasi, pasteurisasi dan vaksinasi membawa manfaat yang besar bagi kehidupan manusia saat ini.

Mikroba juga dapat dijadikan sumber dalam mengubah sampah menjadi bahan bakar. Mahasiswa di Brigham Young University pernah melakukan penelitian untuk membuat bahan bakar dari semua sampah pertanian dengan menggunakan fermentasi mikroba. Hal ini tidak semudah yang dibayangkan. Ketika kita memanfaatkan mikroba untuk membuat bahan bakar alternatif, terdapat produk samping yang tercampur dengan produk yang diinginkan. Oleh karena nya dibutuhkan teknik separasi untuk memisahkan nya. Namun hal ini begitu merepotkan. Oleh sebabnya, mereka menggunakan enzim untuk implementasi yang lebih praktis.

Pada kuliah ini, terlihat antusiasme audience dalam mengikuti setiap materi. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Dr. Julianne. H. Grose.

Semoga kuliah tamu ini bermanfaat bagi semua dan menambah wawasan bagi setiap mahasiswa. (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian