Workshop Kerajinan Aneka Bros Dharma Wanita FTP

Jadwal UTS Ganjil 2014/2015
Oktober 22, 2014
BRAVE 2014 Persembahan BEM FTP
Oktober 24, 2014

Workshop Kerajinan Aneka Bros Dharma Wanita FTP

IMG_6400Dharma Wanita Fakultas Teknologi Pertanian menyelenggarakan Workshop Aneka Bros di Ruang Sidang Jurusan Keteknikan Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian lantai 1, Kamis (23/10/2014) dengan pemateri Indria Purwantiningrum, STP. M.Si.

“Bros berbahan monte dan manik manik kristal  ini makin diminati karena dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. Walaupun pengguna umumnya adalah yang berhijab, tetapi bros ini juga seringkali dipakai para wanita yang tidak berhijab karena sifatnya yang fleksibel. Penggunaan manik manik kristal sebagai bahan dasar juga menjadikan bros ini anggun dan elegan. Padahal perawatannya relative tidak rumit karena mudah dibersihkan.  Untuk membuat sebuah bros cantik, bahan yang diperlukan adalah senar, sarangan sebagai alas, peniti, serta tentu saja aneka monte dan manik manik kristal aneka warna berbagai bentuk seperti mahkota, kelopak, bunga, daun,  serta peralatan sederhana seperti gunting, tang dan lem. Saat ini yang populer adalah manik kristal dove dan metalik, tetapi ibu ibu dapat mengkreasikannya sesuai selera pribadi,” demikian dijelaskan Indria diawal acara yang dimulai tepat pukul 09.00 pagi ini.

indri“Untuk membuat bros peniti yang sedang trend saat ini, caranya cukup sederhana. Pertama masukkan sejumlah manik dan pembatas cantik sesuai keinginan, isikan sepertiga lebih sedikit dari panjang peniti.  Lalu tekuk bagian peniti dengan memberi jarak yang cukup pada manik-manik. Kemudian tekuk kembali peniti dengan menggunakan tang hingga tegak lurus barisan manik dan membentuk lingkar kedua. Gunakan tang untuk menahan peniti dan tekuk dengan menggunakan jari hingga membentuk satu bulatan kawat. Posisikan tang untuk menjepit peniti, gunakan jari untuk menarik peniti hingga menyentuh ujung jepitnya. Sekarang kita sudah dapatkan satu bros peniti cantik yang siap dihias dengan aneka ornamen lain,” jelasnya dihadapan sekita 30 peserta yang hadir.

“Untuk membuat bros dengan sarangan, langkah pertama adalah memasukkan kawat bros  pas di tengah lobang sarangan. Kemudian masukkan keramik berbentuk bulat lalu tarik kawat ke tepi sarangan hingga posisi yang tepat. Pelintir kawat di belakang sarangan hingga kuat. Jahit beberapa monte aneka bentuk  dengan memasukkannya diantara dua lobang sarangan. Gunakan senar dan kawat.  Isi tepi sarangan dengan monte hingga penuh atau sesuai selera. Hias pinggirnya dengan mutiara sintetis, jangan lupa jahit satu persatu menggunakan senar supaya kuat. Gunakan teknik pelintir untuk menghias bagian atas dengan mutiara sintetis ukuran 4 mm. Tutup sarangan bros dengan posisi yang tepat. Gunakan lem dan ikat semalam dengan senar untuk memperkuat.  Bros cantik siap  digunakan, ” tambahnya kemudian.
Indria menuturkan bahwa sebenarnya membuat bros ini tidak sulit, hanya membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Selain itu untuk mendapatkan bros cantik juga membutuhkan kreativitas dalam mengkombinasikan aneka bentuk dan warna. Selain belajar membuat kerajinan aneka bros, pada kesempatan yang sama, peserta Dharma Wanita juga melihat demo masak persembahan Blue Gas Vienta. (dse)
IMG_6360 IMG_6367 IMG_6398 IMG_6402 IMG_6406

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian