Workshop Mekanisasi Pertanian Budidaya Tanaman Jagung DuPont Indonesia

Rayakan Hari Autis, Mahasiswa UB Persembahkan Blue Light Campaign
April 27, 2015
AURORA Untuk Petani Kentang
April 29, 2015

Workshop Mekanisasi Pertanian Budidaya Tanaman Jagung DuPont Indonesia

workshop mekanisasiJurusan Keteknikan Pertanian (TEP) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya menggelar Workshop Mekanisasi Pertanian Budidaya Tanaman Jagung bagi PT. DuPont Indonesia selama dua hari, Selasa-Rabu (28-29/04/2015). Pelatihan yang menghadirkan para pakar Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan (TSAL) TEP ini akan membahas lengkap sistem pengairan dan pengolahan tanah paling sesuai guna menghasilkan komoditas jagung berkualitas.

Dalam sambutannya ketika membuka acara, Pembantu Dekan I FTP bidang Akademik, Dr.Ir.Bambang Dwi Argo, DEA menyampaikan, “Terimakasih untuk PT.DuPont Indonesia. Semoga kegiatan ini akan membuka jalan kerjasama antara FTP dan DuPont Indonesia di masa masa yang akan datang. Kami juga berharap semoga workshop ini dapat berkembang secara simultan pada beberapa komoditas lain nantinya, tidak hanya sebatas pada budidaya jagung semata,” tuturnya dihadapan sekitar 25 peserta yang hadir.

Sementara itu, Research Production Department PT. DuPont Indonesia, Lusiana Andriani menyatakan, “Mohon maaf karena beberapa kali crash, sampai jadwalnya berganti ganti hingga akhirnya terlaksana pada hari ini. Terimakasih atas sambutan FTP yang sangat baik. Kesemua peserta adalah para praktisi atau staf yang turun langsung di lapangan dan belum pernah mengikuti pelatihan semacam ini. Jadi ilmu dari workshop ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kami nantinya,” paparnya.

Pada hari pertama workshop akan dipusatkan di Jurusan Keteknikan Pertanian FTP dengan materi Irigasi untuk Tanaman Jagung (permukaan, curah dan tetes) oleh Prof.Dr.Ir. Bambang Suharto, MS., Pengelolaan Air untuk Tanaman Jagung oleh Dr.Ir.Ruslan Wirosoedarmo, MS., Kebutuhan dan Ketersediaan oleh Dr.Ir. Johanes Bambang Rahadi, MS. dan Evaluasi Sistem Irigasi oleh Evi Kurniati, STP. MT. M.Sc. Hari pertama akan ditutup dengan praktikum Kalibrasi Sekat Ukur, Penjadwalan Irigasi dan Pola Pembasahan di laboratorium Teknik Sumberdaya Alam dan Lingkungan serta Simulasi Jarak Tanam di laboratorium Daya dan Mesin Pertanian.

Sementara pada hari kedua yang dipusatkan di PT. DuPont Indonesia merupakan praktikum lapang Pengukuran Pnetrometer, Tahanan Geser, Distribusi Agregat/Kemantapan Agregat, Relief Meter dan Pengukuran Debit Irigasi. Tidak hanya itu, para peserta juga akan mendapatkan materi Sifat Fisik dan Mekanik Tanah oleh Dr.Ir.Gunomo Djojowasito, MS., Pengolahan Tanah dan Teknik Pengukurannya oleh Ir. Ari Mustofa Ahmad, MS., serta Pemeliharaan, Perawatan Tanaman dan Teknik Pengukurannya (cultivation and sprayer application) oleh Wahyunanto, STP. M.Eng. (dse)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian