Workshop Penyusunan SOP dalam BIZAGI

Dosen FTP Ajari Santri Ar-Rohmah Dau Membuat Sabun Sendiri
September 10, 2018
Jadi satu Satunya Wakil Jawa Timur, Mahasiswa FTP Terpilih sebagai Empat Terbaik WMM 2018
September 16, 2018

Workshop Penyusunan SOP dalam BIZAGI

Gugus Jaminan Mutu (GJM) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya mengadakan workshop Penyusunan SOP Sesuai PERMENPAN RB Nomor 35/2012 dan PERMENRISTEKDIKTI Nomor 71/2017 , Senin (10/09/2018) di Aula FTP UB lantai 2.

Dalam sambutannya ketika membuka acara, Dekan FTP, Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc. mengungkapkan,” Acara ini sangat baik karena selain untuk memenuhi target universitas, SOP diperlukan untuk menciptakan ketertiban dan penyempurnaan penyelenggaraan tugas & fungsi setiap unit organisasi serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Selain itu dengan adanya SOP akan menjamin adanya standarisasi dan konsistensi cara penyelesaian pekerjaan (waktu, mutu, prosedur), meningkatkan efisiensi dan efektifitas karena mampu mengurangi tingkat kesalahan, kelalaian, overlapping pelaksanaan tugas,” paparnya.

Sementara itu Rizki Lutfian Ramadhan Silalahi, STP.MSc selaku Ketua GJM FTP menjelaskan,”Pada prinsipnya SOP dibedakan menjadi SOP Administratif dan SOP Teknis. Sesuai dengan peraturan, terdapat dua unsur utama dalam penyusunan dokumen SOP yaitu (1) unsur dokumentasi yang meliputi: halaman judul (cover), judul SOP, instansi, tahun penyusunan, informasi lain ; halaman keputusan atau penetapan ; daftar isi dokumen SOP ; penjelasan singkat penggunaan (definisi, pengertian umum) serta (2) unsur SOP yang mencakup  identitas (logo, nomor, tanggal pembuatan, tanggal revisi, tanggal efektif, pengesahan, judul SOP, dasar hukum, keterkaitan, peringatan, kualifikasi pelaksana, peralatan & perlengkapan, pencatatan & pendataan) dan flowchart. Berbeda dengan SOP sebelumnya, SOP terbaru berformat excell yang kemudian dituangkan dalam BIZAGI.” paparnya.

Workshop yang diikuti sekitar 55 peserta dari seluruh unit di FTP ini juga menjelaskan bahwa aplikasi BIZAGI sengaja digunakan karena merupakan software terbaik di berbagai survey, khususnya pada software pemodelan proses bisnis. Bizagi yang bersifat opensource juga merupakan software untuk pemodelan BPNM yang mudah dipahami, cepat dikuasai dan terbukti efektif dan efisien digunakan di berbagai industri yang menggunakan BPNM untuk menggambarkan proses bisnisnya. Adapun proses bisnis yang dibuat dapat dipublikasikan dengan cepat kedalam berbagai format seperti web, pdf, docx, sharepoint, wiki dan lain sebagainya. (dse)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian