Yudisium, Awal Tangga Kesuksesan

Pengumuman Daftar Ulang Semester Genap 2013-2014
Desember 30, 2013
Jadwal Ujian Akhir Semester Ganjil 2013/2014
Januari 2, 2014

Yudisium, Awal Tangga Kesuksesan

Z46 Urgensi penguasaan teknologi dan informasi pada era digital kini bukanlah hal yang dapat ditawar lagi. Baik pada dunia pendidikan saat mendulang ilmu di bangku kuliah maupun ketika memasuki dunia kerja. Sehingga lumrah jika ada idiom mengungkapkan siapa yang menguasai teknologi dan informasi maka dia akan menguasai dunia.

Karenanya, bila lulusan Program Sarjana maupun Pascasarjana ingin dapat bersaing dan menuju tangga kesuksesannya, maka harus bisa menguasai dua hal tersebut disamping kompetensi keilmuan yang dimiliki. Demikian disampaikan Pembantu Dekan I, Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA, kepada peserta Yudisium Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Selasa (31/12) pagi.

Dikatakan dosen yang akrab disapa Pak Dwi Argo ini lebih lanjut, mengingat komponen hasil belajar saat ini telah mengalami perkembangan dan dinilai lebih komprehensif. Demi mencapai sumber daya manusia yang berkompeten, cerdas dan berprilaku. Diungkapkannya, kesuksesan bukan hanya bertumpu pada kecerdasan kognitif atau faktor intelegensi saja. Namun juga kecerdasan lainnya terutama kecerdasan afektif atau kecerdasan beradaptasi dan berdasar nilai-nilai serta psikomotorik (ketrampilan).

“Sehingga tidaklah mengherankan apabila ada orang kemampuan dan kecerdasannya rata-rata namun lebih berhasil dibandingkan rekannya yang memiliki kecerdasan kognitif diatasnya. Karenanya harus terus mengoptimalkan seluruh aspek termasuk kecerdasan spiritual,” ungkapnya

Sementara, Ketua Jurusan TIP, Dr. Ir. Nur Hidayat, MP, memberikan tips agar kesuksesan dapat diraih. Yakni dengan senatiasa menetapkan target dan fokus terhadap pada yang dilakukan. Menurutnya, dalam kehidupan harus mempunyai target sehinga memberikan arahan yang jelas kemana langkah berjalan. “Hidup harus tidak hanya sekedar berjalan apa adanya dan mengalir begitu saja. Misalnya, usia 23 harus sudah lulus S1 dan siap untuk hidup mandiri, lima tahun kemudian harus punya kemandirian finasial dan menikah dan sebagainya,” tuturnya.

Kemudian, imbuhnya, kunci kesuksesan lainnya adalah fokus pada apa yang dikerjakan sehingga produktif dan selalu kinerja meningkatkan. Dosen yang low profile ini juga memberikan masukan untuk memasuki awal tahun 2014 menjadi memomentum saatnya berubah dari hal-hal yang buruk menuju kebaikan, produktif dan kontributif.

Pada Yudisium diakhir tahun 2013 ini, sebanyak 18 mahasiswa Program Sarjana dan 3 mahasiswa Pasca Sarjana dinyatakan lulus. Dua mahasiswa Jurusan TIP mendapat predikat Cum Claude (dengan pujian, red) yakni Pinetri dengan IPK 3,54 dan Lolytia Putri Permana dengan IPK 3,74.  [elr]

Z47

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian