Visitasi Akreditasi S3 Ilmu Pangan

Sosialisasi SKM 2024
Juni 21, 2024
Pelepasan MMD FTP 2024
Juli 7, 2024

Visitasi Akreditasi S3 Ilmu Pangan

Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi ke Program Studi S3 Ilmu Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Sabtu (23/06/2024). Kunjungan site ini dilakukan setelah tahap proof reading dokumen borang 3A dan 3B. Tim asesor yang hadir meliputi Prof. Dr. Feri Kusnandar, M.Sc (Institut Pertanian Bogor) dan Prof. Dr. Ir. Murhadi (Universitas Lampung). Keduanya diterima langsung oleh Dekan FTP, Prof. Yusuf Hendrawan, STP. M.App.Life.Sc. Ph.d  jajaran dekanat, ketua Gugus Jaminan Mutu FTP beserta Tim Task Force S3 Ilmu Pangan FTP di Ruang Sidang FTP lantai 7.

Selama proses visitasi, tim assesor tersebut melihat bukti fisik borang akreditasi dan proses penyediaan layanan jasa pendidikan yang tersedia. Agenda berikutnya adalah pertemuan dengan civitas S3 DIP yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan alumni. Selain itu tim assesor juga meninjau fasilitas di ruang kelas, laboratorium di lingkungan Departemen Teknologi Hasil Pertannian, Food Production and Training Center (Bakery THP) dan seluruh laboratorium FTP.

Wakil Dekan I bidang Akademik, Endrika Widyastuti, SPt. MSc.MP.Ph.D mengungkapkan, “Terakreditasinya PS S3 DIP menunjukkan tata kelola pendidikan pasca sarjana yang berkualitas dan profesional secara keilmuan maupun manajemen. Tentunya ini akan berkorelasi untuk meningkatkan kompetensi lulusan,” paparnya.

Sementara Prof. Feri dan Prof. Murhadi selaku assesor menjelaskan bahwa secara umum , meskipun sumberdaya manusia, keuangan, sarana prasarana dan tata kelola S3 DIP FTP sudah tertata dengan baik, tetapi ada baiknya PS S3 DIP ini meningkatkan jejaring dengan program doktor ilmu pangan universitas lainnya.

Menanggapi hal tersebut Dekan FTP, Prof. Yusuf Hendrawan, STP. M.App.Life.Sc. Ph.d menjelaskan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana dalam satu Universitas Brawijaya dapat digunakan bersama. Namun demikian sarana prasarana yang dipunyai FTP sendiri sudah cukup memadai untuk penelitian. Data menunjukkan saat ini FTP merupakan satu satunya fakultas di UB yang pertama kali memiliki corporate laboratory. Selain itu tersedia pula program  joint research dan joint publication. (dse) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content