Seblak Suweng Karya Mahasiswa FTP

Monster , Musuh Para Salmonella
Mei 19, 2017
OASIS, Inovasi Pemanfaatan Limbah Slury
Mei 20, 2017

Seblak Suweng Karya Mahasiswa FTP

sandiaga uno bersama seblak suwengSaat ini dunia kuliner Indonesia makin diramaikan dengan jenis penganan “Seblak”. Seblak merupakan makanan khas Bandung, Jawa Barat terbuat dari kerupuk aci dan bumbu rempah dengan rasa khas pedas, serta dibuat secara langsung oleh pedagang ketika ada pembeli. Hal ini memakan waktu yang cukup lama. Selain itu, gaya hidup modern dan tingkat aktivitas yang tinggi menjadikan masyarakat menginginkan segala sesuatu serba instan dan praktis. Cita rasa seblak cenderung monoton dan kurang memiliki nilai fungsional menjadikan konsumen bosan. Di sisi lain, budaya wayang mulai dilupakan oleh generasi muda karena perkembangan jaman dan kurangnya inovasi pelestarian.

Melihat peluang tersebut, Lisa Imro’atus, Aida Nur, Asri, Wahyu Tri dan Rafiur Reza melalui program kreativitas mahasiswa dibawah bimbingan  Jaya Mahar Maligan, STP. MP. menciptakan inovasi produk “SEBLAK SUWENG”, seblak basah instan dengan cita rasa red curry (Thailand) dan laksa (Singapura). Inovasi produk perpaduan (fusion food) seblak khas Indonesia dengan bumbu khas Asia. Berbahan dasar kerupuk udang dengan bumbu rempah-rempah pilihan tanpa bahan kimia yang dilengkapi topping sosis dan nori untuk menambah nilai fungsional produk. Seblak Suweng memiliki ikon wayang (red curry: hanoman, laksa: arjuna) dan pada tutup kemasan terdapat deskripsi singkat wayang tersebut untuk menambah wawasan konsumen. Produk ini mudah disajikan, praktis dan ekonomis, dapat dinikmati setiap saat, edukatif, serta memiliki umur simpan lebih panjang (3 bulan) karena mengaplikasikan teknologi sentrifugal untuk meminimalisir kerusakan oksidasi dan terdapat senyawa antimikrobia alami dari rempah-rempah.

Seblak Suweng diproduksi di kota Malang dan telah dipasarkan di beberapa kota antara lain Malang, Surabaya, Yogyakarta, Kalimantan, Sulawesi, Kediri, Gresik, Lamongan, Bandung dan Jakarta. Produk ini dijual secara langsung (direct selling), melalui reseller maupun online. Ada 3 orang reseller yang telah membantu penjualan. Pemesanan Seblak Suweng juga dapat melalui media online : line@ (@sra0596v) dan instagram (@seblak_suweng) atau bisa menghubungi via telepon 085736149490. Seblak Suweng telah mengikuti beberapa event nasional dan internasional seperti Food Ingredients Asia (di JI Expo Kemayoran, Jakarta), Pesta Wirausaha TDA 2017 (di TMII Jakarta), Simposium & Expo Nasional Teknologi Pertanian Karya Anak Bangsa (SIENTESA) dan beberapa bazaar lokal lainnya. Prestasi yang telah diraih oleh Seblak Suweng yaitu sebagai Top 20 dalam kompetisi internasional business plan The2nd Food Product Development Competition, stand terbaik dalam SIENTESA, produk unggulan Pesta Wirausaha TDA 2017 dan produk inovasi unggulan terbaik di kewirausahaan THP-FTP UB 2016. Usaha ini telah dilirik beberapa investor, salah satunya investor dari Jakarta yang telah memberikan modal untuk reformulasi produk. Selain itu, usaha ini sangat didukung oleh komunitas wirausaha muda mandiri binaan Yayasan Mien R. Uno Foundation yang diketuai oleh Bapak Indra Uno dalam program youth entrepreneurial. Bentuk dukungannya berupa fasilitas business coaching dan business training. Seblak Suweng tengah mengajukan paten merk dagang dan akan melengkapi legalitas lainnya agar produk ini dapat dipasarkan lebih profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian