Kultam Pengantar Teknik Bioproses THP

DPM FTP Gelar Talkshow Leadership
Desember 6, 2013
Pemilwa FTP 2013
Desember 11, 2013

Kultam Pengantar Teknik Bioproses THP

IMG_6051Bertempat di aula FTP lantai 2, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP)  Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya  FTP UB) menyelenggarakan kuliah tamu dengan topik “Aplikasi Teknologi Bioproses dalam Industri Pangan dan Non Pangan serta Prospek Teknologi Bioproses dalam menuju Bioteknologi Industri”, Senin (09/12) siang.

Ketua pelaksana Feronika Heppy Sriherfyna, STP. MP., memaparkan, kuliah tamu ini bertujuan menambah wawasan mahasiswa agar mendapat gambaran nyata tentang teknologi bioproses di dunia industri. Menghadirkan narasumber Untung Murdiatmo, Ph.D dari CV Agro Greentech Sentosa, kuliah tamu yang diikuti puluhan mahasiswa THP program studi Bioteknologi Industri angkatan 2012 berlangsung selama 120 menit. Praktisi industri yang biasa disapa Untung ini menjelaskan tentang peranan teknologi bioproses serta prospeknya yang semakin menjanjikan dimasa depan bagi dunia industri.

“Mengingat makin menipisnya sumber energi, maka penggunaan bioenatol sebagai salah satu energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan  mutlak diperlukan. Sehingga di masa depan pangsa pasar akan makin terbuka lebar,”ungkapnya.

Dikatakan Untung, aplikasi dari teknologi Bioproses dewasa ini banyak dijumpai pada industri farmasi, pangan, pertanian, energi, dan industri pengolahan air (waste water treatment). Teknologi Bioproses juga diterapkan pada industri farmasi dengan produk antibiotik, vaksin dan hormon. Menurut survey, ungkap Untung, pasar global farmasi selama 2012 ini bahkan mencapai lebih dari satu trilliun dollar Amerika.

Seketaris Jenderal Asosiasi Spiritus dan Etanol Indonesia (Asendo) ini mencontohkan aplikasi teknologi bioproses pada industri pangan yang diterapkan pada pembuatan asam amino di PT Ajinomoto, KRAFT, DANONE, dan sebagainya. Selain itu, aplikasi teknologi bioproses juga diterapkan pada pembuatan probiotik, biopolymer serta degradable biopolymer dan yang tak kalah pentingnya adalah Bioethanol. (dse/editing by elr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian