Universitas Sam Ratulangi Manado Kunjungi FTP UB

Inovasi Enzim Mananase Industri Kertas
Juni 9, 2015
Visitasi AUN-QA TEP FTP
Juni 12, 2015

Universitas Sam Ratulangi Manado Kunjungi FTP UB

unsrat_2Sejumlah civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado kunjungi Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Kamis (11/06/2015).  Rombongan FP UNSRAT Manado yang dipimpin oleh Ir. Maya Ludong,MS. diterima Wakil Dekan I bidang Akademik FTP UB, Agustin Krisna Wardani, STP. M.Si. Ph.D. dengan didampingi Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan FTP UB, Yusuf Hendrawan, STP. M.Sc. App.Sc. Life. Ph.D., Ketua Jurusan Keteknikan Pertanian, Dr.Ir. J.Bambang Rahadi, MS., Ketua Jurusan Teknologi Industri Pertanian, Dr. Sucipto,STP.MP., Ketua Program Studi S3 Teknologi Industri Pertanian, Dr.Ir. Susinggih Wijana,MS.,Ketua Program Studi S2 Teknologi Industri Pertanian, Dr. Ir. Wignyanto, MS., Ketua Program Studi S2 Teknologi Hasil Pertanian, Dr.Ir. Joni Kusnadi,M.Si., dan Sekretaris Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Kiki Fibrianto, STP. M.Phil.

IMG_6519Ketua Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi, Dr.Ir. Dedie Tooy,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk studi banding dan sebagai ajang mempererat hubungan baik yang telah terjalin sebelumnya. “Kami, datang kemari agar dapat menyerap banyak hal terkait kurikulum, pengelolaan perguruan tinggi dan kebijakan yang diambil dalam implementasinya di lapangan. Kami juga berharap mampu mempelajari penerapan sistem gugus jaminan mutu dalam bidang akademik dan pengelolaan anggaran. Harapan kami semoga hasil benchmarking ini dapat kami sesuaikan untuk diterapkan dalam penyelengaraan pendidikan ditempat kami. Kami juga mengajak para mahasiswa agar dapat saling sharing dengan saudaranya disini. Ini akan menjadi bekal dan pengalaman yang berharga bagi mereka. Terimakasih juga kami sampaikan untuk sambutan yang sangat ramah dari keluarga besar FTP UB,” demikian jelas Dr.Dedie.

IMG_6514Wakil Dekan I FTP, selain mengucapkan selamat datang dan apresiasinya atas kunjungan ini juga memaparkan profil FTP serta kebijakan kebijakan akademik yang berlaku di FTP. “Saat ini difakultas kami memiliki tiga jurusan yang kesemuanya alhamdulilah sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Bahkan salah satu prodi kami, yaitu PS S1 ITP sudah terakreditasi internasional dari IFT yang berpusat di Amerika Serikat. Kemarin kami juga baru saja dikunjungi assessor untuk akreditasi internasional AUN-QA pada PS S1 TEP. Tentunya semua itu berpangkal pada kendali mutu yang baik dan kerjasama serta dukungan dari semua pihak. Kami libatkan para dosen dalam pembuatan SOP serta praktisi dari dunia pendidikan maupun industri pada penentuan kurikulum. Serta yang terutama adalah kesatuan tekad untuk berani menjalankan komitmen demi kebaikan dan kemajuan bersama, ” demikian dikatakan Dr.Agustin dihadapan sekitar 14 dosen UNSRAT di Ruang Sidang FTP lantai 8.

Sementara itu, disaat yang bersamaan diruang F.31 – F.32  sejumlah 40 mahasiswa Fakultas Pertanian UNSRAT tampak sharing kelembagaan dengan jajaran pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTP UB. “Kami di FTP, memusatkan kegiatan pada pengembangan softskill dan keilmuan. Tak lupa juga kami memupuk kreativitas dan entrepreneurship. Selain itu, kami dari BEM juga berfungsi untuk menjembatani antara mahasiswa dan pihak fakultas. Terdapat program rutin Jaring Asmara atau Penjaringan Aspirasi Mahasiswa. Dari sana, banyak ide ide mahasiswa ataupun keluhan dan masukan untuk kedua pihak. Kami berusaha mencari solusi yang baik atau win win solution berbagai masalah yang ada. Untuk pendanaan berbagai kegiatan, tidak seluruhnya dibantu pihak fakultas. Sebagian kami cari sendiri melalui berbagai cara kreatif sekalian mengamalkan berbagai ilmu yang kami dapat di bangku kuliah. Itulah cara kami memupuk kreativitas dan entrepreneurship,” ujar Wakil Presiden BEM FTP, Dharma Sucipto (TIP 2012) dalam sambutannya.

Seusai diskusi tentang kurikulum, kendali mutu serta manajemen perguruan tinggi bagi para dosen dan sistem organisasi maupun kelembagaan diantara para mahasiswa, acara dilanjutkan dengan bersama sama melihat pameran alat / produk unggulan FTP UB di lobby. Acara selanjutnya merupakan field trip ke laboratorium Mikrobiologi dan Bioteknologi, laboratorium Nutrisi Pangan, laboratorium Rekayasa dan Pengolahan Pangan, Laboratorium Pilot Plant serta unit Food Production Training Center (FPTC) FTP. Kegiatan diakhiri dengan saling bertukar cendera mata dan sesi foto bersama. (dse)

IMG_6541

unsrat_6 unsrat_5 unsrat_3unsrat_4

IMG_6502

IMG_6551unsrat_1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian