(Indonesian) Kegiatan Pengabdian Kelompok 43 MMD FTP UB mendapat Sambutan Hangat dari Warga Desa Kaligentong

(Indonesian) G-MAGIC: Mahasiswa MMD FTP UB Bantu Warga Desa Soko Membuat Pupuk Kompos untuk Menyelesaikan Masalah Pengolahan Limbah dari Kambing
July 29, 2024
(Indonesian) MMD FTP UB Berdayakan Desa Gondang, Tulungagung: Kembangkan Solusi untuk Awetkan Beras Organik dengan Mesin Vacuum Sealer
July 30, 2024

(Indonesian) Kegiatan Pengabdian Kelompok 43 MMD FTP UB mendapat Sambutan Hangat dari Warga Desa Kaligentong

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya kelompok 43 di Desa Kaligentong mendapat banyak respon positif dan sambutan hangat dari masyarakat. Program ini melibatkan banyak komponen untuk bersinergi dalam menyukseskan kegiatan di dalamnya dengan harapan dapat bermanfaat bagi Desa Kaligentong.

Sejumlah 19 mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya yang diketuai oleh Rayhan Satyobudi melakukan pengabdian di Desa Kaligentong, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Program yang dimulai pada tanggal 6 Juli 2024 sampai dengan 20 Juli 2024 ini merupakan program unggulan FTP yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan membantu masyarakat di daerah Tulungagung khususnya Desa Kaligentong.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pembuktian dari komitmen FTP untuk memberikan kontribusi nyata kepada Masyarakat. Selain itu, program ini dilakukan untuk memenuhi poin Pengabdian pada Tri Dharma perguruan Tinggi. Pemilihan Desa Kaligentong sebagai tempat pengabdian karena memiliki potensi yang sesuai dengan bidang ilmu Fakultas Teknologi Pertanian sehingga banyak potensi yang dapat dikembangkan.

Berbagai kegiatan dilakukan oleh mahasiswa/i kelompok 43 untuk merealisasikan inovasi yang ada untuk masyarakat desa. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi dan demonstrasi yang diberikan kepada berbagai kalangan masyarakat desa seperti ibu-ibu PKK, karang taruna, kelompok tani, dan siswa-siswi SD Kaligentong. Selain itu, mahasiswa/I kelompok 43 juga turut aktif dalam kegiatan desa seperti kerja bakti, pengajian, pemeriksaan medis, dan masih banyak lagi.

“Kegiatannya memang sangat beragam dan bermanfaat, walau dalam waktu yang singkat, tetapi mas mbak ini dapat menyampaikan dengan baik, terus warga desa juga banyak ilmu baru seperti pengolahan limbah gitu,” ujar Ibu Muji, salah satu peserta sosialisasi dari Ibu-ibu PKK Desa Kaligentong, Jumat (12/7/2024).Selain itu, respon baik juga diberikan oleh ketua kelompok tani Desa Kaligentong yang kerap disapa Mbah Saijan menjelaskan, “Saya senang masih dilibatkan di kegiatan, semoga setelah ini masih bisa menjalin hubungan yang baik ke desa”, ujarnya.

“Turut bangga dengan adanya kegiatan adik-adik yang berhasil dilaksanakan di Desa kaligentong, harapannya ini bisa menjadi wadah belajar bagi adik-adik dan dapat bermanfaat bagi Masyarakat desa,” ujar Dosen Pembimbing Lapang, Ibu Wike Agustin Prima Dania, STP., M.Eng., Ph.D yang sedang berkoordinasi dengan perangkat desa pada saat monitoring dan evaluasi kegiatan di Desa Kaligentong, Senin (16/7/2024).

Dengan adanya kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh kelompok 43, harapannya dapat terus memberikan dampak positif dan berkelanjutan untuk warga Desa Kaligentong, serta dapat memberikan inspirasi kepada banyak pihak dalam upaya pengabdian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content