(Indonesian) Mahasiswa FTP UB Bersama Warga Memanfaatkan Potensi Komoditas Desa Gondosuli

(Indonesian) Alat Pengering ERK: Solusi Inovatif untuk Pengeringan Jagung di Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung
August 13, 2024
(Indonesian) Kontribusi Konkret Kelompok 19 MMD FTP UB di Desa Suwaluh Tulungagung
August 13, 2024

(Indonesian) Mahasiswa FTP UB Bersama Warga Memanfaatkan Potensi Komoditas Desa Gondosuli

Sorry, this entry is only available in Indonesian. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

Kegiatan Mahasiswa Membangun Desa yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, berhasil menarik simpati para warga Desa Gondosuli. MMD FTP UB 2024 ini dilaksanakan pada tanggal 6-20 Juli, di Kabupaten Tulungagung pada 46 lokasi yang berbeda. Kelompok 22 MMD FTP UB 2024, yang ditempatkan di Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, menyelenggarakan beberapa program yang sesuai dengan komoditas yang dimiliki oleh desa. Program ini dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, dengan jurusan yang berbeda serta melibatkan dosen pembimbing lapang.

Mahasiswa Membangun Desa FTP UB yang dilaksanakan selama 14 hari di Desa Gondosuli, yang diketuai oleh Aqliva Davin, ini berhasil mencuri perhatian warga desa. Mahasiswa datang ke desa dengan membawa inovasi serta ilmu yang dapat diterapkan sesuai dengan komoditas yang dimiliki desa. Program unggulan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya ini bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Desa Gondosuli, hal ini sesuai dengan SDGs Zero Hunger, Decent Work and Economic Growth, dan life below water.

Mahasiswa Membangun Desa (MMD) merupakan wujud nyata dari komitmen FTP UB dalam memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat desa. Desa Gondosuli memiliki potensi pada budidaya ikan lele dan ikan patin yang melimpah, namun desa ini memiliki permasalahan dalam produksi pakan ikan, serta kurangnya variasi dalam produk hasil olahan ikan. Mahasiswa membawakan beberapa program dalam kegiatan MMD di Desa Gondosuli, di antara nya adalah sosialisasi dan pengenalan alat pembuat pakan ikan, sosialisasi produk olahan ikan lele dan ikan patin, serta sosialisasi pengolahan sampah, makanan sehat, dan sanitasi diri di SDN 01 Gondosuli. Kegiatan tersebut juga disertai dengan pelatihan dan praktik secara langsung.

Selama berkegiatan, mahasiswa mendapatkan tanggapan yang baik dari masyarakat desa. “Bapak-bapak, dan ibu-ibu semoga ilmu yang disampaikan adik-adik mahasiswa ini bermanfaat buat kita semua. Materi-materi yang dibawakan adik-adik mahasiswa ini tentunya materi yang hanya bisa didapatkan melalui bangku perkuliahan. Semoga kedepannya bapak- bapak dan ibu-ibu bisa menerapkan materi yang disampaikan adik-adik mahasiswa ini, dan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang telah berusaha memberikan pengalaman serta
ilmunya kepada masyarakat desa gondosuli ini secara gratis” ucap Pak Daruno selaku Kepala Desa Gondosuli dalam kesempatan pelatihan olahan produk ikan patin. Selain itu, ketua RT 04 serta Kepala SDN 01 Gondosuli juga berterima kasih atas kedatangan dan program yang
dibawakan oleh mahasiswa FTP UB di Desa Gondosuli. Suprayogi, S.TP., M.P., Ph.D selaku dosen pembimbing lapang kelompok 22 MMD FTP UB, menyampaikan pesannya kepada mahasiswa dalam kesempatan monitoring dan evaluasi, pada tanggal 16 Juli, “mahasiswa kelompok 22, manfaatkan kesempatan KKN ini sebagai pengalaman bagi mahasiswa dalam terjun langsung ke lapangan untuk menyelesaikan permasalahan di desa, harapannya adik-adik mahasiswa nanti ketika menjadi pejabat dapat mengubah suatu wilayah menjadi lebih baik dengan bekal pengalaman yang didapatkan selama KKN ini. Juga terima kasih banyak kepada kepala desa, perangkat desa, serta masyarakat yang telah menerima mahasiswa FTP UB dengan baik sehingga dapat terlaksananya MMD tahun ini”.

Pihak Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya berharap dengan berakhirnya kegiatan Mahasiswa Membangun Desa FTP UB di Desa Gondosuli, pihak desa mendapatkan ilmu dari dunia pendidikan melalui mahasiswa dengan adanya sosialisasi diversifikasi olahan produk berbasis ikan dan manajemen bisnisnya serta pemanfaatan potensi Desa yang selama ini melimpah di sana serta masyarakat mendapatkan hibah alat pembuat pelet ikan terapung yang bisa digunakan oleh peternak ikan untuk meningkatkan produktivitas serta efisiensi biaya produksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content